Minggu, 16 Oktober 2011

menulis itu latihan

Pukul 10:03 (jam Laptop)

Nge-entri di kampuss 

MENEMUKAN MOOD ADALAH YANG TERSULIT
Menulis itu bukan hal yang mudah. Yang paling sulit adalah menemukan mood yang pas, ketika di toilet bisa saja kita menemukan ide segar, tanpa ragu ketik saja di komputer, bisa juga ditulis dikertas atau ingat-ingat saja didalam pikiran. Teori dalam penulisan itu penting, apabila diterapkan maka tulisan akan menjadi lebih menarik namun jika kita tak memakai teori tak apalah karena gaya menulis setiap orang berbeda.

I HATE YOU !!!!!
Menulislah ketika perasaan kamu sedang tercabik-cabik. Menjadikan perasaan yang berkecamuk. Kedengarannya memang aneh namun pergunakanlah itu sebagai pendatang inspirasi. Manfaatkanlah situasi dengan menggoreskan tulisan. Entah baik atau buruk tulisan itu namun sudah berbentuk tulisan. Ingat! Semakin kita menulis itu sudah berarti kita sudah belajar menulis tanpa teori.

PLAGIARISME SAMA DENGAN TINDAK KRIMINAL
Meniru dan tak bertanggung jawab adalah perbuatan hina. Plagiarisme sudah terwakili oleh dua kata tersebut. T4erinspirasi dan sedikit mengambil apa yang didalamnya boleh dan sah-sah saja namun tidak semua ditiru secara menyeluruh. Penulis yang melakukan tindak plagiarisme bukan dinamakan penulis. Penulis ialah seseorang yang mengungkapkan isi hatinya lewat susunan kata. Banyak karya-karya besar yang terinspirasi oleh sesuatu namun bukan mengambil seluruh bagiannya.


MASUKKAN KISAH ORANG LAIN
Pernah kan diminta mendengarkan keluh kesah teman kita alias menampung curhatan? Dalam menulis boleh saja kita mengambil bagian yang diceritakan teman kepada kita namun jangan lupa ijin dahulu dan yang terpenting adalah menyamarkan identitas yang pastinya adalah nama dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar